skip to main | skip to sidebar

9/24/2011

Keliling Madura Demi Sharing Keliling

Oi oi oi.... Halooooo..... Akhirnya ada mood buat ngisi blog lagi nih pemirsah setelah sekian lama. Tuh salahkan twitter yang ngebuat orang jadi males nulis. Saya nulis ini aja harus konsentrasi penuh Tanpa facebook dan terutama twitter. Percaya ndak? Haha.

@ndorokakung alias memberikan sambutan
Saya jadi semangat nulis lagi ini setelah ikutan Sharing Keliling yang diadakan internetsehat.org dan salingsilang.com bekerja sama dengan komunitas blogger Madura Plat-M Sabtu, 17 September kemarin. Saya berangkat ke sana bersama Dendy Adiluhung mewakili @infoGRESIK. Bayangkanlah saya harus menempuh perjalanan mulai jam 6 pagi dari Gresik melawan arus lalu lintas yang kejam melalui jalur tengkorak Kalianak kemudian dilanjut menyebrang Selat Madura melalui Suramadu, jembatan kebanggaan bangsa ini yang katanya bahan bakunya memakai Semen Gresik. Perjalanan kami menuju TKP di Universitas Trunojoyo untuk menuntut ilmu ini memang tidaklah mudah. Kami harus keliling-keliling ndak jelas di tengah ganasnya matahari pulau garam. Jadi sebelum acara Sharing Keliling ini saya dan Dendy bener-bener harus keliling Madura dulu gara-gara navigator kami yang notabene adalah Mahasiswa Unijoyo tingkat akhir (sebut saja dia @niyasyah) agak kurang tepat menginfokan rute menuju kampus tercintanya itu. Dan saya ama Dendy juga sempat dicaci maki atau istilah jawanya itu dipisui ama sopir angkot Madura gara-gara kami belok mendadak (kalau ini mungkin salah kami ya. He3)

Pertunjukkan Capoeira oleh Mahasiswa Unijoyo
Tepat pukul 9 lebih sekian menit akhirnya sampai juga kami di Universitas Trunojoyo. Meski agak sedikit telat karena acara baru saja dibuka oleh MC yang lagi-lagi saya harus menyebutkan nama @niyasyah di sini karena memang dia salah satu MC-nya. Eksis beud nih anak emang. Acara diawali dengan sambutan dari Om Wicaksono atau yang lebih hits dikenal dengan sebutan @ndorokakung kemudian dilanjut dengan pertunjukan Capoeira (bener ndak ini ejaannya) dari mahasiswa-mahasiswa Unijoyo. Saya sempat kaget emang di Madura ada yang kayak begituan, wong di Gresik saja saya ndak pernah liat (atau memang saya yg cupu di sini ya?). Selepas pertunjukkan Capoeira acara dilanjutkan dengan nyemil sambil menggambar peta Madura. Entah ada maksud terselubung ama mereka menyuruh peserta workshop menggambar peta tersebut sampai saat ini masih menjadi pertanyaan saya.

Mas Danny Tumbelaka Memberikan Materi Photo Blogging
Setelah peserta dikumpulkan di satu ruangan kami dibagi menjadi tiga kelas. Yaitu kelas creative writing dengan Om Wicaksono alias @ndorokakung. kelas photo blogging dengan Mas Danny Tumbelaka dan kelas video blogging dengan Mbak Imoth. Saya awalnya bingung mau ikut kelasnya Ndoro atau Mas Danny. Sedangkan Dendy pengennya ikut kelasnya Mas Danny atau Mbak Imoth. Setelah terjadi perdebatan sengit yang memeras tenaga dan pikiran akhirnya saya dan Dendy memilih kelas Photo Blogging-nya Mas Danny Tumbelaka. alasan saya memilih kelasnya Mas Danny adalah karena gambar atau foto itu bisa lebih bercerita daripada sekedar tulisan. Foto juga bisa memberi inspirasi orang untuk menulis. Dan foto juga memberikan lebih banyak warna dalam tulisan. Jadi paling tidak saya bisa belajar sedikit bagaimana cara mengambil gambar  dengan bagus dengan peralatan saya yang cukup minimalis.

Foto bareng Mas Danny Tumbelaka, Dendy dan Niyasyah Sebelum Pulang


 Kelasnya Mas Danny menurut saya kelas yang paling lama karena saat dua kelas yang lain dah bubaran kami masih jalan, meskipun  buat saya sendiri sih masih kurang durasinya. Di sini Mas Danny tidak terlalu banyak merangkan tentang teknik memotret yang njelimet. Dia merangsang kami untuk berkarya meski hanya bermodal kamera di handphone. Batasan antara fotografer amatir dengan profesional bukan pada alat yang mahal tapi dari rasa begitu kata Mas Danny. Secara jaman sekarang banyak abegeh-ab egeh yang petentang petenteng kemana-mana bawa DSLR tapi.... Ah sudahlah. Cara makainya hanya Tuhan dan mereka yang tahu bisa apa ndak. He3. Meskipun alat potret kita seadanya tapi kalau kita sudah mengenalnya luar dalam pasti hasilnya akan maksimal. Sering-sering saja ckrak ckrik dan otak atik sana sini. Lama-lama juga kita akan terbiasa dengan alat yang kita pakai itu. Sekalian juga kan melatih mata kita mencari sesuatu yang bagus untuk dijepret. Seiring mata dilatih, mata hati pasti terasah juga. Yang penting dalam berkarya jangan pikirkan penilaian orang lain dulu. Apa yang menurut kamu bagus jepret aja. Kalau sebelumnya udah takut dengan penilaian orang nanti begini begitu ya ndak bakalan maju. Lha kalau sudah jadi hasilnya baru dah kita minta penilaian orang lain untuk bahan intropeksi dan masukan dengan meng-upload karya kalian ke media seperti jejaring sosial dll. Belajarlah dari kritikan bukan dari pujian. Yang mengkritik itu bukan berarti mereka ndak cinta tapi mereka pengen kamu maju dan lebih baik.
Meski ndak ikut kelas ndoro dan Mbak Imoth tetep harus foto bareng
Menjelang detik-detik makan siang temen saya Dendy mengajukan pertanyaan yang cukup konyol ke Mas Danny menurut saya tapi membuat kelas menjadi hidup. Dari SMA sampai sekarang teman saya yang satu itu memang konyol, tapi kadang cukup wise juga. Hahahaha. Acara Sharing Keliling ini ditutup dengan acara Sharing Komunitas dan Games. Di Sharing Komunitas ini kita saling memeperkenalkan kegiatan komunitas yang kita lakukan. Acara berakhir sekitar pukul setengah empat. Setelah itu si @niyasyah mengajak saya dan Dendy makan rujak cingur di Madura. Baik sekali si niyasyah ini. Ah kali ini aku harus memuji dia karena dia mentraktir kami semua. Hahahaha. Setelah berujak ria kami berjalan-jalan sejenak sambil mempraktekkan ilmunya Mas Danny di Pelabuhan Timur Kamal. Jeprat sana jepret sini dan sedikit bernarsis-narsis ria. He3. Menjelang Maghrib saya dan Dendy harus cabut darinpulau garam yang memberikan banyak pelajaran dan pengalaman hari itu. Sampai jumpa Madura! Terimakasih untuk plat-m yang mengundang kami semua. Semoga lain kali bisa main-main lagi ke sana

1 comments:

  1. kok nama saya disebut-sebut mulu yaa?? :|

Post a Comment