skip to main | skip to sidebar

9/25/2011

Grisse Gluren Naar Vergane Glorie - Pameran Foto Pinhole Pertama di Gresik dengan Suasana Gresikan

Temaram Damar Kurung Diantara Bangunan Tua di Kemasan
Gresik Mengintip Kejayaan Masa Lampau, ya itulah arti dari judul pameran pinhole yang baru pertama kali diadakan di Gresik oleh Komunitas Pinhole Gresik. Dengan foto-foto bertema kolonial yang sempat bikin saya merinding. ada sesuatu yang beda darifoto itu. Apalagi dengan mengambil lokasi pameran di Kampung Kemasan yang termasuk dalam kawasan Kota Tua di Gresik. Bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda banyak sekali di sini meski kondisinya sudah banyak yang berubah karena kurangnya kepedulian pemerintah dan masyarakat sendiri. Mungkin nanti saya akan posting di bagian tersendiri untuk membahas bangunan-bangunan tua yang ada di Gresik ini.
Kampung Kemasan Siang Sebelum Pameran
Sore Hari Jelang Pameran
Pameran Foto Pinhole yang diadakan pada hari Sabtu, 24 September 2011 semalam sangat mengesankan buat saya dan pastinya para pengunjung yang lain. Di sana kami disuguhi dengan suasana Gresikan yang khas dengan Damar Kurung yang menyala temaram di sepanjang kampung. Ya pameran foto ini tidak diadakan di gedung atau galeri melainkan di tengah gang yang lumayan lebar dengan bangunan-bangunan tua berwarna merah di kanan kirinya. Subhanallah... Saya bener-bener merinding malam itu berada di sana. Ditambah dengan alunan musik akustik yang menjadikan suasana Gresikan tempoe doeloe itu semakin romantis. Frame yang dibuat untuk tempat foto-foto ini pun sangat sederhana namun menarik. Sekali lagi saya membuktikan sesuatu yang indah dan bagus itu tidak perlu mewah, tapi berfikir kreatif dan sederhana bisa membuat sesuatu itu menjadi wah dan spektakuler seperti pameran ini.
Suasana Kemasan Saat Pameran
Frame Tempat Foto Berjajar Sepanjang Kemasan

Foto-foto yang dipajang di pameran ini tidak kalah luar biasanya menurut saya. Berbekal kamera pinhole atau lubang jarum yang terbuat dari kaleng rokok bekas, kotak minuman bekas ataupun karton-karton sisa yang menurut orang-orang itu remeh tapi di tangan-tangan orang-orang kreatif ini semua itu dirubah menjadi kamera yang menghasilkan gambar yang indah dan sangat sesuai dengan tema kolonialisme yang diangkat dalam pameran ini. Untuk penjelasan lebih detail apa itu kamera pinhole atau lubang jarum teman-teman bisa googling atau langsung ke blognya sang master pinhole sekaligus orang yang ada dibalik tewujudnya pameran pinhole ini yaitu @cakpii di sini
Aneka Kamera Pinhole
Oh ya selain pameran juga ada workshop membuat dan memotret dengan kamera pinhole hari ini 25 September 2011 di Kampung Kemasan juga. Semoga acara ini tidak berhenti sampai di sini saja dan bisa berlanjut ke depannya nanti. Sekali lagi tidak perlu mewah dan mahal untuk membuat sesuatu yang indah dan menarik. Hanya butuh sedikit kepedulian dan kreatifitas untuk membuat itu semua.

Beberapa hasil kamera pinhole yang sempat saya potret :



13 comments:

  1. kampung kemasan,kampung pecinan juga Wan?

  2. Beda lagi kalau Pecinan ada tempatnya sendiri di GresikBeda lagi kalau Pecinan ada tempatnya sendiri di Gresik

  3. foto patung selamat datange durung diupload?foto patung selamat datange durung diupload?

  4. boleh minta foto - fotonya min ?

  5. @nurman patung selamat datang opo maneh

    @satyo oke! Tinggal klik gambarnya terus klik kanan save as yak!inggal klik gambarnya terus klik kanan save as yak!

  6. Wah, sangat menarik ya... Kreatif sekali...
    Apa pemerintah setempat sudah melirik pameran yang menarik ini, wan?

  7. Moudy - Haduh ndak perlu main lirik2an ama pemerintah. Pemerintah masih main mata ama yg lain sepertinya *eh?Moudy - Haduh ndak perlu main lirik2an ama pemerintah. Pemerintah masih main mata ama yg lain sepertinya *eh?

  8. lumayan lah, kekangenan aku dgn Gresik, bisa terobati dgn Braga Festival kemarin.. hehee.. ditunggu postinganku ttg Braga Festival ya qaaaqaaaaanyyyaaaaahhhhhhhh.....

  9. @hasanjun: garis merah hubungan braga festival dengan gresik hanya soal kolonial. bahkan ciri/model bangunannya pun beda, lah kok bisa ngobatin kangen??? hahahahaha....

  10. Thanks infonya, Wan.. Sebagai calon warga Gresik saya harus memahami seluk-beluk kota ini.. Hihi.. Sayang kemaren ga bisa liat pamerannya..

  11. sayangnya masi bnyk yg blm tw pinhole iitu ap.an
    kmrn aq ktmu adk kls SMA kstu, lgsg pulang trus update status "salah masuk kamar . . ."
    dipikirnya pameran foto dslr _ _"

    klo aq mahh lbi excited sm pinhole, lbh dpt seninya

  12. hweee ckcckck jadi kangen fotografi lagiiiiiiii.kan dulu pas d UKM foto saya yg petenteng petenteng pinhole :( eh hasil foto pinhole-mu gda ka wan? :)

  13. waw kota gresik sungguh menawan, pamerannya keren andai saya hadir pada saat itu

Post a Comment